Senin, 10 September 2012

Review (Audit Komunikasi)


  1. Komunikasi didalam organisasi tergolong “penting”, secara pengertian organisasi sangat membutuhkan adanya “komunikasi”, karena organisasi merupakan kumpulan dari dua orang atau lebih yang memiliki visi dan misi yang sama untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Tidak akan mungkin sekumpulan orang tersebut dapat mencapai tujuan yang mereka inginkan tanpa adanya komunikasi didalamnya. Memperjuangkan tujuan pribadi saja membutuhkan adanya komunikasi, apalagi memperjuangkan tujuan bersama.

  1. Bagan Proses Komunikasi
Sumber (komunikator) memikirkan gagasan yang kemudian diwujudkan menjadi kode-kode (Message) lalu disampaikan kepada penerima (komunikan) melalui media (Channel), setelah diterima oleh komunikan lalu dia menterjemahkan/mentafsirkan untuk kemudian memberikan respon kepada komunikator.

  1. - Rumusan masalah adalah rumusan atau hasil klasifikasi dari berbagai hal tentang fenomena-fenomena yang akan diangkat dalam sebuah penelitian.
    - Teknik pengumpulan data adalah teknik atau cara yang digunakan untuk mengumpulkan data-data yang diperlukan didalam sebuah penelitian.
    - Teknik analisis data adalah sebuah teknik atau cara untuk meneliti, memeriksa, mempelajari, membandingkan data yang ada guna membuat atau menghasilkan kesimpulan yang diperlukan.
  2. - Wawancara, adalah proses komunikasi (tanya-jawab) dengan masing-masing responden untuk memperoleh data yang diperlukan.
    - Angket, adalah daftara pertanyaan yang diberika kepada responden untuk menggali data sesuai dengan permasalahan penelitian.