a.
Latarbelakang Masalah
Kerjasama anatara
orangtua dengan pihak konveksi yang terjalin cukup lama memunculkan ide untuk melanjutkan
kembali kerjasama tersebut. Kerjasama tersebut berbentuk perdagangan seragam
diberbagai macam sekolah. Menjalankan bisnis ini tidak luput dari terkendalanya
biaya yang dibutuhkan seandainya memulai bisnis ini dari nol. Oleh karena itu
bentuk kerjasama merupakan jalan yang cukup bagus untuk memulai berbisnis. Bisnis ini sebetulnya sudah cukup lama
berkembang didaerah kami, tetapi dengan cara yang berbeda mungkin bisa
membuahkan hasil yang baik.
Bisnis seragam
merupakan kategori bisnis yang tidak setiap hari berjalan, namun setiap kali
ada order-an seragam bisa membuahkan hasil yang besar. Bisnis seragam memiliki
peluang yang cukup bagus dikarenakan pasarnya pasti. Dalam artian setiap musim
sekolah-sekolah pasti membutuhkan pergantian seragam. Seragam resmi bukan
satu-satunya jenis pakaian yang kami tawarkan, melainkan ada produk lain yang
juga berpotensi untuk lebih berkembang seperti halnya kaos, jamper, PDH/PDL,
dan lain sebagainya.
b.
Produk
Kami memberikan label
bisnis ini dengan nama “Konveksi Q-ta”. Dalam bisinis yang kami jalankan ini
tentunya memiliki keunggulan, diantaranya yakni seragam yang kami tawarkan
kepada pihak sekolah tidak melulu dari contoh yang kita berikan, namun mereka
(pihak sekolah) juga dapat memberikan usul desain sesuai yang dengan apa yang
diharapkan, harga relatif
terjangkau tanpa mengurangi kualitas bahan yang digunakan. Visi kami
dalam menjalankan bisnis ini adalah mensejahterakan hidup orang banyak
(keluarga & karyawan). Misi kami adalah berusaha seoptimal mungkin untuk
menjadi lebih maju.
Macam-macam produk yang kami
jalankan adalah :
1.
Seragam (sekolah,TPQ, TK, PAUD, dsb).
2.
Busana Muslim
3.
PDH (Pakaian Dinas Harian) dan PDL (Pakaian Dinas
Lapangan) beserta bordir.
4.
Jamper dan kaos komunitas
5.
Dan sejenisnya.
c.
Kondisi Pasar & Strategi Pemasaran
Pasar dari bisnis seragam ini cukup bagus, karena meskipun beberapa lembaga
sudah memiliki perjanjian atau ikatan dengan pihak lain yang mengharuskan
membeli seragam dari pihak tersebut, namun dengan pendekatan dan presentasi
yang tertata rapi kami yakin dapat menarik
hati para konsumen.
Disamping itu harga yang kami tawarkan tentunya mampu bersaing dengan pelaku
bisnis yang lain, dan juga tu harga
yang kami tawarkan tentunya mampu bersaing dengan up orang banyakmemulai bisnis
ini dari nol.kami menerapkan strategi door to door, yakni mengunjungi setiap lembaga
untuk menawarkan produk yang kami bawa, dengan menyajikan presentasi
(penjelasan secukupnya) yang sudah kami persiapkan.
Startegi pemasaran “Konveksi Q-ta” adalah untuk mengenalkan barang
kami sehingga dapat mendorong pembelian melalui segaala macam promosi yang kami
lakukan :
1.
Menyebarkan pesan pribadi melalui jejaring sosial (facebook,
bbm, tokobagus.com, twitter, dan sebagainya).
2.
Menyebarkan brosur kartu nama “Konveksi Q-ta”
3.
Mengunjungi beberapa lembaga/instansi (TK, TPQ,
PAUD, dsb)
d.
Strategi Pengembangan dimasa yang akan datang
Pada masa yang akan
datang kami berharap dapat mendirikan sebuah agen resmi yang melayani berbagai
macam hal terkait jual beli. Dimulai dengan menawarkan barang sesuai dengan
kemampuan kami, diharapkan ini menjadi langkah awal untuk membangun kerajaan
bisnis pada masa yang akan datang.