Selasa, 14 Mei 2013

Komunikasi Politik :: Pilkada Kabupaten Pasuruan



Pasangan Bupati dan Wakil Bupati terpilih Kabupaten Pasuruan adalah Irsyad Yusuf SE dan Riang Kulup Prayudha (Satria), mereka ungul jauh dari pasanan lain dengan prosentase perolehan suara mencapai 41,47 %. Pasangan yang diusung partai PKB dan Demokrat ini menang di 23 Kecamatan dari 24 Kecamatan yang ada di Kabupaten Pasuruan.
Strategi yang digunakan adalah memberdayakan semua potensi yang meliputi kader partai, konsituen, pemilih pemula, ormas-ormas seperti NU & badan otonomnya, PAMI (persatuan artis melayu Indonesia), insan pendidikan, kesehatan, guru, dan lain sebagainya.
Slogan yang digunakan adalah “Bekerja Untuk Rakyat”
Saluran yang digunakan adalah media cetak, elektronik, dan terapan, diantaranya adalah:
ü  Media Cetak :
-          Koran (Radar Bromo Jawa Pos, Surya)
-          Kalender
ü  Media Elektronik :
-          Radio (Suara Pasuruan FM)
-          Televisi (TV9 & JTV)
ü  Media Terapan :
-          Baliho
-          Sticker
ü  Lain-lain :
-          Kaos
-          Gelas
Sasarannya adalah seluruh elemen masyarakat Kabupaten Pasuruan (basis yang besar adalah kaum perempuan)
Isu Politiknya adalah Irsyad Yusuf merupakan Politikus bersih dan jujur.

Bussines Plan Sederhana

a.       Latarbelakang Masalah
Kerjasama anatara orangtua dengan pihak konveksi yang terjalin cukup lama memunculkan ide untuk melanjutkan kembali kerjasama tersebut. Kerjasama tersebut berbentuk perdagangan seragam diberbagai macam sekolah. Menjalankan bisnis ini tidak luput dari terkendalanya biaya yang dibutuhkan seandainya memulai bisnis ini dari nol. Oleh karena itu bentuk kerjasama merupakan jalan yang cukup bagus untuk memulai berbisnis.  Bisnis ini sebetulnya sudah cukup lama berkembang didaerah kami, tetapi dengan cara yang berbeda mungkin bisa membuahkan hasil yang baik.
Bisnis seragam merupakan kategori bisnis yang tidak setiap hari berjalan, namun setiap kali ada order-an seragam bisa membuahkan hasil yang besar. Bisnis seragam memiliki peluang yang cukup bagus dikarenakan pasarnya pasti. Dalam artian setiap musim sekolah-sekolah pasti membutuhkan pergantian seragam. Seragam resmi bukan satu-satunya jenis pakaian yang kami tawarkan, melainkan ada produk lain yang juga berpotensi untuk lebih berkembang seperti halnya kaos, jamper, PDH/PDL, dan lain sebagainya.
b.      Produk
Kami memberikan label bisnis ini dengan nama “Konveksi Q-ta”. Dalam bisinis yang kami jalankan ini tentunya memiliki keunggulan, diantaranya yakni seragam yang kami tawarkan kepada pihak sekolah tidak melulu dari contoh yang kita berikan, namun mereka (pihak sekolah) juga dapat memberikan usul desain sesuai yang dengan apa yang diharapkan, harga relatif terjangkau tanpa mengurangi kualitas bahan yang digunakan. Visi kami dalam menjalankan bisnis ini adalah mensejahterakan hidup orang banyak (keluarga & karyawan). Misi kami adalah berusaha seoptimal mungkin untuk menjadi lebih maju.
Macam-macam produk yang kami jalankan adalah :
1.      Seragam (sekolah,TPQ, TK, PAUD, dsb).
2.      Busana Muslim
3.      PDH (Pakaian Dinas Harian) dan PDL (Pakaian Dinas Lapangan) beserta bordir.
4.      Jamper dan kaos komunitas
5.      Dan sejenisnya.

c.       Kondisi Pasar & Strategi Pemasaran
Pasar dari bisnis seragam ini cukup bagus, karena meskipun beberapa lembaga sudah memiliki perjanjian atau ikatan dengan pihak lain yang mengharuskan membeli seragam dari pihak tersebut, namun dengan pendekatan dan presentasi yang tertata rapi kami yakin dapat menarik  hati para konsumen. Disamping itu harga yang kami tawarkan tentunya mampu bersaing dengan pelaku bisnis yang lain, dan juga tu harga yang kami tawarkan tentunya mampu bersaing dengan up orang banyakmemulai bisnis ini dari nol.kami menerapkan strategi door  to door, yakni mengunjungi setiap lembaga untuk menawarkan produk yang kami bawa, dengan menyajikan presentasi (penjelasan secukupnya) yang sudah kami persiapkan.
Startegi pemasaran “Konveksi Q-ta” adalah untuk mengenalkan barang kami sehingga dapat mendorong pembelian melalui segaala macam promosi yang kami lakukan :
1.      Menyebarkan pesan pribadi melalui jejaring sosial (facebook, bbm, tokobagus.com, twitter, dan sebagainya).
2.      Menyebarkan brosur kartu nama “Konveksi Q-ta”
3.      Mengunjungi beberapa lembaga/instansi (TK, TPQ, PAUD, dsb)

d.      Strategi Pengembangan dimasa yang akan datang
Pada masa yang akan datang kami berharap dapat mendirikan sebuah agen resmi yang melayani berbagai macam hal terkait jual beli. Dimulai dengan menawarkan barang sesuai dengan kemampuan kami, diharapkan ini menjadi langkah awal untuk membangun kerajaan bisnis pada masa yang akan datang.